FC CIMIC UNIT MELAKSANAKAN HELIPATROL SEBAGAI SALAH SATU SARANA MENILAI WILAYAH OPERASI DARI UDARA

PEN KONGA UNIFIL. Force Commander Civil Military Coordination (FC Cimic) Unit melaksanakan CIMIC Helipatrol yaitu pengamatan melalui udara guna memonitor dan menilai kondisi kehidupan masyarakat secara umum di wilayah timur daerah operasi UNIFIL Lebanon khususnya tentang rute perbekalan dan tempat penampungan air di daerah operasi. Sabtu, (30/9/2017).

FC CIMIC Unit mempunyai tugas diantaranya untuk menyediakan informasi dan penilaian yang berkaitan dengan situasi dan kondisi suatu wilayah yang berada di daerah operasi kepada pimpinan UNIFIL. Informasi tersebut berupa kondisi geografi, demografi dan infrastruktur yang didapat baik melalui batalyon maupun oleh Cimic Unit sendiri dengan cara pengamatan di darat. Hasil penilaian ini sangat penting sebagai salah satu pertimbangan bagi pimpinan UNIFIL dalam rangka memberikan proyek bantuan CIMIC di daerah tersebut.

Berbeda dengan kebiasaan dalam mengumpulkan informasi tentang kondisi infrastruktur dan penilaian desa yang selama ini melalui pengamatan di darat, kali ini FC CIMIC Unit melaksanakan pengamatan melalui udara. Bekerjasama dengan J3 atau staf yang menangani operasi dan Italair (unit udara dari Italia).

Kegiatan CIMIC Helipatrol ini dipimpin langsung oleh Komandan FC Cimic Unit Mayor Arh Choirul Huda didampingi oleh Capt Lino Carano, Lettu Alfaroki, Serka Masludin, Kopda Basir serta perwakilan dari MCOU Capt Ferella Danillo.

Sebelum melaksanakan penerbangan, terlebih dahulu mendapatkan briefing baik di Italair sendiri oleh Pilot tentang pengenalan pesawat dan ketentuan lain selama penerbangan dilanjutkan briefing oleh movecont yang menjelaskan tentang prosedur keselamatan selama penerbangan menggunakan helicopter.

Tepat pada pukul 09.00 waktu setempat, patrol udara dilaksanakan. Kurang lebih 1 jam 10 menit patrol udara dilaksanakan dengan fokus pengamatan di sektor timur daerah operasi UNIFIL serta wilayah sepanjang Blue Line (perbatasan Lebanon-Israel).

Berdasarkan pengamatan dari udara menunjukkan bahwa kondisi yang berada di dareah operasi Lebanon selatan khususnya daerah yang berada di sektor timur dan sepanjang Blue Line terpantau cukup aman terkendali.

Hasil dari pengamatan tersebut FC Cimic Unit akan menjadikan bahan masukan dalam penentuan pemberian proyek kepada masyarakat di Lebanon Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *