FC CIMIC UNIT MELAKSANAKAN KEGIATAN “VISIT MARKET” DI DESA ABBASIYAH LEBANON

PEN KONGA UNIFIL. Satgas Force Commander Civil Military Coordination (CIMIC) Unit melaksanakan kegiatan Liaison/Komunikasi Sosial (Komsos) untuk kesekian kalinya dalam rangka memelihara hubungan baik antara UNIFIL dengan masyarakat lokal yaitu di salah satu desa, tepatnya di desa Abbasiyah Lebanon Selatan. Jumat, (1/12/2017).

Pola Komsos Satgas Cimic Unit kali ini menggunakan pendekatan yang lebih halus (soft approach) kepada masyarakat yaitu berupa berkunjung ke “Pasar Jalanan” yang merupakan kegiatan rutin masyarakat desa dan khususnya bagi masyarakat desa Abbasiyah dilaksanakan setiap hari Jumat.

Sebelum mengunjungi pasar tersebut, rombongan dari Satgas Cimic Unit terlebih dahulu berkunjung ke kantor municipality (kepala desa) setempat untuk bersilaturahmi sekaligus meminta izin kepada Mayor/kepala daerah setempat dalam rangka mengunjungi pasar mereka. Sehingga disamping menjalin hubungan dengan kepala daerah setempat, tim akan dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat melalui kunjungan ke pasar Jalanan.

Rombongan Satgas Cimic Unit dipimpin langsung oleh Komandan FC Cimic Unit Mayor Arh Choirul Huda, S.Sos, M.I.Pol, didampingi oleh Lettu Czi  Muhammad Al Faroqi sebagai Project and Assesment Officer, Lettu Cpl Imam Taofiq sebagai Liasion Officer, Serma Masludin Mubaiuilah sebagai Project and Assesment NCO, Sertu Hariawan Majid sebagai Liasion NCO, WO4 Salvatore sebagai Support Team dan Kopda Ahmad Basir sebagai Clerk, serta interpreter Ms Hanadi Fawaz.

Kegiatan Visit Market kali ini selain personel Cimic Unit juga turut serta beberapa personel dari unit lain yaitu Letkol Ari Arya sebagai staf J9/Cimic, Nyonya Chitrha Subramoni dari Conduct And Discipline Officer/RCDS serta Leutenant Commander Ella sebagai Military Gender Advisor. Sehingga kegiatan ini begitu istimewa karena tim dari Cimic Unit disertai dengan rombongan dari beberapa unit yang ingin melihat lebih dekat bagaimana kegiatan Cimic dilaksanakan.

Kedatangan tim dari Cimic Unit dan rombongan di kantor kepala Desa Abbasiyah disambut langsung oleh kepala desa Abbasiyah Bapak Khalil Hershi didampingi wakil kepala desa Bapak Hussein Jouni, Ibu Rola Ajami sebagai petugas yang menangani pendidikan, sosial dan perempuan, Bapak Ali Kalash sebagai Humas, Bapak Mohamed Ezzedine sebagai petugas yang menangani kesehatan serta Ibu Inaya Fawaz sebagai sekretaris desa, kedatangan tim mendapat sambutan yang positif dari otoritas wilayah setempat.

Mayor Choirul Huda membuka pertemuan tersebut dengan menjelaskan maksud kedatangan rombongan ke desa Abbasiyah dan memperkenalkan rombongan satu persatu. Selanjutnya Kepala Desa Abbasiyah Bapak Khalil Hershi mengucapkan selamat datang kepada tim FC Cimic Unit diacara kunjungan pasar jalanan di desa mereka.

Lebih lanjut Bapak Khalil Hershi menjelaskan bahwa Abbasiyah adalah wilayah yang dihuni ribuan orang namun yang terdaftar sebagai penduduk asli lebih dari jumlah yang ada saat ini. Mengenai hubungan dengan UNIFIL, masyarakat desa ini memiliki hubungan yang sangat kuat dan stabil sejak 1978 ketika UNIFIL berdiri. Walaupun menurut pengalaman Bapak Khalil, pasukan UNIFIL pada tahun 80 dan 90-an memiliki hubungan yang sangat sulit dan tidak mau memahami budaya masyarakat lokal yang mengakibatkan suasana yang tidak bersahabat antara pasukan UNIFIL dengan masyarakat. Namun saat ini hubungan tersebut semakin membaik karena sudah ada pemahaman tentang adat budaya lokal yang harus diperhatikan oleh pasukan UNIFIL.

Sementara itu dari Leutenant Commander Ella sebagai Military Gender Advisor menyampaikan apresiasi atas peran serta perempuan dalam pemerintahan di desa Abbasiyah. Tercatat beberapa pegawai perempuan yang ada di kantor desa Abbasiyah tersebut dan hal ini menandakan bahwa kesetaraan Gender sudah ada dalam masyarakat Lebanon.

Lebih lanjut dari Nyonya Chitrha Subramoni menyampaikan apabila terdapat oknum personel UNIFIL yang membuat pelanggaran terhadap masyarakat lokal Lebanon, agar pemerintahan setempat tidak segan-segan untuk melaporkan kepada UNIFIL melalui RCDS.

Sementara itu pernyataan dari Letkol Arya yang mewakili J9/Cimic menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan sehingga dapat melihat secara langsung proyek maupun kegiatan yang diberikan atau diselenggarakan baik dari UNIFIL maupun Batalyon Korea Selatan.

Setelah pertemuan dengan Mayor/Kepala desa Bapak Khalil Hershi, tim Cimic Unit melanjutkan kegiatan berkeliling Market Walk/pasar jalanan yang langsung didampingi oleh Kepala desa. Bapak Khalil Hershi menjelaskan bahwa pasar jalanan di desa Abbasiyah merupakan salah satu pasar terbesar yang telah ada sejak 1963 sehingga banyak masyarakat dari daerah lain yang datang pada saat dilaksanakan pasar jalanan tersebut. Bermacam-macam dagangan ada di Market Walk/pasar jalanan ini seperti pakaian pria, wanita dan anak anak, makanan, bahan pangan utama, radio antik dll, bahkan diantara Tim yang ikut juga menyempatkan untuk berbelanja barang yang dijual oleh masyarakat setempat. Terlihat banyak pengunjung pasar yang datang baik laki-laki maupun perempuan, tidak nampak wajah yang sedih dari masyarakat setempat bahkan mereka terlihat gembira karena mendapat kunjungan langsung dari kepala desa didampingi personel dari UNIFIL.

Kegiatan diakhiri dengan bersantai di taman desa Abbasiyah sambil menikmati kopi yang disediakan dari kepada desa. Diakhir pertemuan Rombongan Cimic mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh kepada desa Abbasiyah untuk mengunjungi pasar jalanan mereka. Selama kegiatan terlihat respon yang sangat positif baik dari perangkat desa maupun masyarakat setempat. Nuansa keakraban sangat nampak antara tim dengan masyarakat lokal khususnya di desa Abbasiyah ini. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara personel UNIFIL dengan masyarakat setempat khususnya desa Abbasiyah terjalin dengan sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *