PENATARAN CIMIC KETIGA DI UNIFIL 2017

      No Comments on PENATARAN CIMIC KETIGA DI UNIFIL 2017

PEN KONGA UNIFIL. Force Commander Civil Military Coordination (FC Cimic) Unit melaksanakan CIMIC Induction Training atau penataran CIMIC bagi personel UNIFIL yang ketiga kalinya dari tanggal 27 s.d. 29 November 2017, diikuti oleh 21 peserta yang berasal dari perwakilan 7 Batalion yaitu Batalyon Italia, Ghana, Finlandia dan Irlandia, Malaysia, Indonesia, Spanyol dan India serta perwakilan dari G9/Cimic sektor barat di Nation Room UNIFIL HQ Naqoura Lebanon. Kamis, (29/11/2017).

Kegiatan ini merupakan penataran terakhir yang diselenggarakan oleh Satgas Cimic Unit XXXI-G/UNIFIL karena pada bulan Desember nanti akan mengakhiri misinya di Lebanon. Penataran ini bertujuan memberikan pembekalan awal bagi personel yang baru bergabung pada misi UNIFIL di Lebanon agar memiliki pengetahuan dan pemahaman yang sama tentang Cimic khususnya di UNIFIL.

Pada kesempatan penataran Cimic kali ini, materi yang diberikan bukan hanya dari internal  UNIFIL, melainkan juga terdapat materi yang diberikan oleh perwakilan dari beberapa UN Agency dan NGO seperti UNMAS, UNDP, UNHCR, WFP bahkan AVSI dan Lebanese Red Cross juga memberikan materi pembekalan. Hal ini menarik dan penting karena organisasi PBB dan NGO tersebut juga melaksanakan kegiatan di wilayah area operasi UNIFIL. Diharapkan dengan adanya pembekalan tersebut akan lebih membuka wawasan dan pengetahuan para peserta serta meningkatkan koordinasi dan kerjasama tentang CIMIC di UNIFIL bukan hanya antar personel UNIFIL namun juga dengan organisasi PBB lain maupun NGO yang melaksanakan kegiatan mereka di daerah operasi UNIFIL.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Mayor Arh Choirul Huda, S.Sos sebagai Komandan Cimic Unit yang seharusnya akan disampaikan oleh COS/Chief of Staff Brigadir Jenderal Christian Thebault yang berkebangsaan Perancis, namun karena beliau berhalangan sehingga didelegasikan kepada Komandan Cimic. Dalam pembukaan penataran, Mayor Choirul menyampaikan pentingnya kegiatan ini bagi para personel baru yang melaksanakan tugas CIMIC di UNIFIL. Keberhasilan misi ini dalam melaksanakan mandat resolusi DK PBB 1701 tidak terlepas dari keberhasilan pelaksanaan kegiatan CIMIC. Oleh karenanya diperlukan personel CIMIC yang profesional dan benar-benar memahami pelaksanaan tugas serta mampu memenangkan hati dan pikiran masyarakat Lebanon. Diakhir sambutan, Mayor Choirul menyampaikan selamat dan sukses dalam melaksanakan tugas di UNIFIL dan acara dilanjutkan dengan foto bersama seluruh peserta dan instruktur penataran CIMIC.

Penataran diakhiri dengan penutupan secara langsung oleh J9/Chief Brigadir Jenderal Sanjaya Tapa yang berkebangsaan Nepal. Dalam sambutan penutupan penataran ini, J9 Chief mengharapkan adanya koordinasi dan kerjasama bagi seluruh personel UNIFIL yang melaksanakan kegiatan CIMIC di lapangan. Walaupun hal ini sulit diimplementasikan namun tanpa adanya koordinasi yang melekat, akan dapat mengakibatkan inefisiensi dan ketidakefektifan pelaksanaan kegiatan CIMIC di lapangan. Dan hal ini akan berpengaruh terhadap keberhasilan pelaksanaan tugas pokok sesuai dengan mandat resolusi DK PBB 1701. Setelah acara penutupan dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat serta pembagian sertifikat bagi seluruh peserta penataran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *